ArapIkan Air tawar Hias aima


Waktu lalu ada kabar yang mengulas penemukan ikan raksasa di Sungai Siak, Pekanbaru, Riau. Ikan raksasa itu diprediksikan ikan arapaima gigas yang datang dari Sungai Amazon di Brazil, Amerika Selatan. Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) ialah tipe ikan air tawar paling besar di dunia yang datang dari perairan wilayah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima bisa tumbuh optimal selama 3 mtr. serta berat 200 kg. Sekarang ini sangat jarang-jarang ada arapaima yang memiliki ukuran lebih dari pada 2 mtr. sebab ikan ini seringkali ditangkapi untuk dikonsumsi masyarakat atau di-export ke negara lain.

Hidup Semenjak Jaman Jurassic
Berdasar data dari researchgate.net, ikan arapaima gigas telah ada semenjak jaman jurassic. Jaman jurassic berjalan seputar 56,3 – 201,3 juta tahun kemarin. Bentuk badan ikan ini tidak alami banyak perkembangan. Karenanya, rekan-rekan jangan bingung jika badan ikan ini tidak sama dengan ikan biasanya.

Mempunyai Ukuran Tidak Biasa untuk Ikan Air Tawar
Ikan air tawar umumnya cuma memiliki ukuran beberapa cm. Tetapi, ikan arapaima gigas tidak sama, dia dapat tumbuh sampai 4,5 mtr.. Tetapi, sekarang ini, panjang optimal yang dapat diraih oleh ikan arapaima gigas cuma 2,5 – 3 mtr.. Panjang yang diraih akan makin kecil, bila ikan hidup di akuarium.
Walau panjang badannya alami pengurangan, ikan ini masih dapat capai berat beberapa ratus kg, lo.

Dapat Melonjak serta Menggempur
Badan ikan arapaima benar-benar kuat. Karenanya, dia dapat melonjak keluar dari air serta memangsa hewan yang dapat dia makan, diantaranya monyet. O iya, ikan arapaima dapat juga bertahan semasa 24 jam (sehari satu malam) di luar air. Walau sebenarnya, ikan tipe lain jarang-jarang ada yang dapat lakukan ini.

Masuk dalam Indonesia serta Dilarang
Ikan arapaima adalah ikan asli dari Sungai Amazon serta masuk dalam Indonesia. Tetapi, belum tahu kapan serta bagaimana ikan ini masuk dalam Indonesia. Ikan arapaima dapat menghancurkan kelestarian ikan asli di Indonesia. Karenanya, dikeluarkanlah Ketentuan menteri kelautan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014. Didalamnya mengenai Larangan Penghasilan tipe Ikan Beresiko dari Luar Negeri ke Daerah Negara Republik Indonesia.

Dilindungi serta Sedikit Banyaknya
Jumlah ikan arapaima di habitat aslinya tinggal sedikit. Agar tidak musnah, penangkapan ikan arapaima juga dilarang. Yup, di habitat aslinya, ikan arapaima termasuk juga ikan yang dilindungi. Mudah-mudahan ikan ini tidaklah sampai musnah, ya, rekan-rekan

Postingan populer dari blog ini

Information on oxygen degrees are actually collected utilizing sensing units

varies from state to state

Prepared Being a parent bented on terminate simply 2 times after condition passes abortion legal civil liberties legislation